Firewall merupakan salah satu aplikasi keamanan yang ada pada sebuah jaringan. Bisa jadi firewall bukanlah hal yang penting untuk komputer stand alone tanpa koneksi internet atau jaringan lainnya. Tapi menjadi hal penting jika komputer selalu terhubung dengan jaringan atau internet. Firewall merupakan penyaring sekaligus pelindung sistem operasi dari berbagai kemungkinan adanya aktivitas ilegal dari jaringan yang memasuki sistem.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam mengatur Firewall pada Windows 7 agar komputer kita aman dari ancaman luar. Pengaturannya juga cukup mudah mengingat Microsoft menyediakan user interface yang nyaman dan mudah bagi pengguna.

Menghidupkan dan mematikan Firewall

Kita bisa menghidupkan firewall ataupun mematikannya sesuai dengan kebutuhan. Jika kita aktif dalam jaringan atau internet, sebaiknya firewall dihidupkan sebagai pelindung. Dengan mengaktifkan firewall berarti kita turut mengamankan Windows kita. Buka Control Panel > All control panel items > Windows firewall.



Untuk menghidupkan atau mematikan Windows firewall, pilih bagian Turn Windows Firewall On or Off. Di sana ada bagian untuk Home or Work (private) network dan public network location. Kita bisa menentukan pada bagian mana Firewall akan diaktifkan sekaligus opsi notifikasi dan blocking koneksi.



Untuk home or work network kita bisa saja tidak menghidupkan firewall, tapi untuk public disarankan agar menghidupkan firewall.

Block koneksi yang datang melalui Firewall

Keamanan koneksi di tempat umum memang rawan karena semua orang bisa mengakses jaringan yang tersedia. Sehingga untuk meningkatkan keamanan komputer kita bisa memilih opsi Block all incoming connections, including thosein the list of allowed programs pada window konfigurasi menghidupkan atau mematikan firewall tadi. Gunakan ini saat berada pada tempat umum seperti restoran, airport, atau hotel. Dengan cara ini kita masih bisa membuka melakukan chatting atau berkirim email.

Mengatur Program dan Fitur dalam Berkomunikasi Melalui Firewall

Kita bisa mengatur program apa saja yang dapat beraktifitas melalui firewall karena secara umum firewall akan melakukan blocking kepada program yang ingin melewati firewall dengan alasan keamanan. Pada bagian Windows Firewall, pilih Allow a program or feature through Windows Firewall.

Di sana akan ada daftar program-program dan fitur Windows yang melakukan interaksi melalui firewall. Beri tanda centang pada program atau fitur yang diijinkan melewati firewall, dan beri tanda centang juga pada tipe jaringan yang digunakan. Masukkan password administrator kita jika ada permintaan verifikasi user terhadap perubahan sistem tersebut.

Nah tiga hal lainnya bisa agan baca lengkap disini

1 comments: