Kursi listrik Old Sparky yang digunakan untuk pasien kelainan mental, untuk pertama kali dipamerkan ke masyarakat. Inilah kursi pembunuh ratusan nyawa.

Pameran di Historical Centre, Ohio, Amerika Serikat berjudul ‘Kontroversial: Benda yang Tidak Biasa Anda Lihat’ menyoroti berbagai benda lampau dari sisi yang lebih provokatif dalam sudut pandang sejarah.
“Sejarah sudah pasti tidak selalu menyenangkan. Semakin banyak kita melihat sesuatu yang tampak tidak menarik, Saya rasa semakin besar kemampuan kita bersikap jujur, terbuka dalam berdiskusi dan mulai benar-benar membahas isu ini,” ujar kurator Sharon Dean.
Old Sparky digunakan untuk mengeksekusi 312 pria dan tiga wanita antara 1897 dan 1963. Terakhir kali masyarakat melihat benda itu saat Lembaga Pemasyarakatan di Columbus menawarkan layanan wisata melihat benda tersebut di awal 1930an. Pihak penjara juga menjual kartu pos bergambar kursi listrik ini untuk suvenir.
Kursi itu merupakan metode eksekusi di Ohio masa lampau. Menurut keterangan Columbus Dispatch, William Haas, 17 tahun, dari Hamilton County, merupakan orang pertama yang meninggal akibat kursi kayu-baja kuno itu.

0 comments:

Post a Comment