Arkeolog mengklaim temukan enam meriam langka di Sungai Panama. Ini diperkirakan milik bajak laut terkenal, Henry Morgan, yang tenggelam di perairan itu. Seperti apa?

Arkeolog Panama dan pihak asing mengatakan meriam itu ditemukan di muara Sungai Chagres, Panama, tempat kapal Morgan ‘The Satisfaction’ rusak pada 1671 saat membawa dirinya dan para awak menyerang kota Panama.

Tim mengatakan bahwa ukuran dan bentuk potongan meriam sangat mirip dengan karakteristik senjata besi dari abad ke-17. Meriam itu pertama kali terdeteksi pada 2008 dan diselamatkan pada 2010. Survei itu dilakukan arkeolog yang dikoordinasikan Waitt Institute atas kerja sama dengan Lembaga Kebudayaan Nasional Panama.

Morgan populer karena menjadi utusan Inggris dalam menyerang kapal musuh sekaligus melindungi koloni Inggris di Barbados dan Jamaica mengingat Angkatan Laut Inggris kesulitan dalam mempertahankan diri.

Bajak laut Morgan menjadi tokoh yang ditakuti bagi pasukan Spanyol di Caribia. Meskipun begitu, ia dianggap sebagai pahlawan dan diangkat menjadi gubernur Jamaica.

0 comments:

Post a Comment