Bumi yang kita huni selama ini, ternyata sudah dua kali dihantam oleh komet. Hantaman ini pula yang menyebabkan bumi mengalami kemusnahan.

Seperti diketahui, bahwa selama ini diketahui kalau komet yang menghujam Bumi hanya terjadi satu kali, yaitu pada 65 juta tahun lalu, yang memusnahkan kehidupan pada jaman itu. Akan tetapi, sebuah penelitian mengungkapkan kalau 13 ribu tahun lalu, komet juga pernah menghantam Bumi, sehingga seluruh denyut kehidupan berhenti.

Penelitian yang dipimpin oleh Douglas Kennett dari University of Oregon mengungkapkan ledakan sebuah komet besar pernah membunuh mammoth, harimau bergigi besar serta mamalia besar lainnya di Arizona, serta sejumlah besar kawasan di Amerika Utara.

Dalam laporan tersebut juga ditambahkan, sebuah komet yang telah membeku ratusan juta tahun lalu berhasil masuk atmosfer bumi dan memusnahkan binatang-binatang besar tersebut.

Di beberapa wilayah benua Amerika, peneliti menemukan nanodiamond, sebuah partikel mikroskopik yang ditemukan pada komet di lapisan berumur 13.000 tahun yang disebut ‘black mat’. Di bawah lapisan nanodiamond tersebut, terdapat fosil dalam jumlah sangat besar. Sedangkan di bawah lapisan lainnya itu tidak ditemukan adanya fosil sama sekali.

“Data ini mendukung hipotesa yang mendukung komet atau karbon khondrites (jenis meteorit), mampu menyebabkan ‘kejutan’ di udara dan kemungkinan berdampak pada permukaan 13 ribu tahun lalu,” terang Douglas Kennett, seperti yang dilansir Reuters, Senin (5/1/2009).

“Penelitian ini memberikan bukti-bukti kuat bahwa kosmik berdampak pada peristiwa sekitar 13 ribu tahun yang lalu. Dan ini akan mempunyai banyak konsekuensi lingkungan untuk tanaman, hewan dan manusia di Amerika Utara,” pungkasnya

0 comments:

Post a Comment