Kita seharusnya menjalani hidup bersih setiap harinya, termasuk selalu menjaga kebersihan tangan. Di antara anggota tubuh lainnya, tangan adalah organ tubuh yang ternyata paling banyak menularkan berbagai penyakit menular. Melalui tangan, penyakit yang dapat diltularkan oleh tangan mencapai 80%.

Seorang dokter yang bekerja di Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FKUI-RSCM bernama dr. Hanny menjelaskan bahwa banyak penyakit bisa menular melalui tangan yang disebabkan oleh bakteri. Salah satu contohnya adalah penyakit diare. Jika kuman diare terdapat di tangan penderita dan bersentuhan dengan tangan orang lain atau memegang apa yang telah dipegang oleh penderita diare, kuman tersebut akan dengan mudah berpindah ke tangan orang lain.

Karena itulah sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan tangan, terutama anak-anak. Salah satu cara menjaga kebersihan tangan cukup mudah, hanya dengan membiasakan cuci tangan dengan air mengalir dengan memakai sabun setiap sebelum dan sesudah melakukan kegiatan yang menggunakan tangan.

Sumber Artikel

1 comments: