Apa benar Baterai Notebook Anda Sudah Saatnya Diganti?
Biasanya para pengguna leptop yang menghadapi situasi disaat sedang menyalakan laptop kemudian muncul notifikasi "Consider replacing your battery", belum tentu lho Baterai notebook agan rusak dan harus diganti. Ada beberapa hal yang harus agan ketahui terlebih dahulu.



Notifikasi seperti diatas akan muncul pada laptop yang menggunakan OS Win 7. Kenapa hanya muncul di Win 7? Karena Win 7 punya fitur berupa "battery meter' yang bisa memberitahukan peringatan atau saran kepada user kalau baterai laptop harus diganti. Fitur ini akan memberi tahu user jika kapasitas charging baterai di laptop-nya kurang dari 40% dari kapasitas aslinya. Maksudnya, kalau agan mengisi baterai laptop, maka baterai tidak akan bisa full terisi hingga 100%.

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan buat agan semua nih, kalau memang sudah yakin untuk mengganti baterai notebook agan2 sekalian:
  • Setiap baterai laptop memiliki kapasitas yang berbeda, seberapa besar daya tahan mereka. Seiring berjalannya waktu, baterai laptop memang akan kehilangan kemampuan untuk menyimpan 100% kapasitas.
    Jadi ketika performanya sudah menurun, meski di charge, daya tahan baterai tidak akan sampai 100%.
  • Baterai laptop yang baru juga bisa saja rusak karena berbagai hal, misalnya karena panas yang ekstrim. Sehingga dalam waktu yang singkat, kapasitas baterai langsung menurun.
  • Jika kamu berniat mengganti baterai laptop-mu, sebelumnya kontak dulu Perusahaan laptop untuk mengetahui apakah baterai laptop-mu masih di produksi.
  • Pengukuran kapasitas baterai bisa menjadi kurang akurat. Untuk itu, coba lakukan kalibrasi baterai agar pengukuran baterai kembali akurat.

Jadi, kalau agan menerima notifikasi tersebut, jangan langsung terburu-buru mengganti baterai ya. Temukan dulu apa masalah sebenarnya sebelum mengganti baterai laptop. OKeehh Semoga bermanfaat.

Source

0 comments:

Post a Comment